Hidup Sehat dengan Herbal, 6 Tanaman Ini Mudah Ditemukan di Indonesia

Mei 09, 2020

Siapa sih yang tidak mau sehat?

Seluruh orang di dunia ini kalau ditanya pasti jawabannya mau donk. Tapi apakah hidup sehat melulu harus dengan olahraga ? Tidak. 



Asupan juga perlu untuk mempertahankan daya tahan tubuh kamu. Nah disini aku mau kasih beberapa contoh jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan di Indonesia serta ragam manfaatnya.


1. Jahe 

Jahe adalah tanaman berdaun rimpang yang biasa digunakan untuk bumbu masak dan pengobatan tradisional.



Banyak sekali manfaat dari jahe yang dapat kita rasakan, mulai dari meredakan masalah pencernaan, menurunkan kadar glukosa dan kolesterol, meredakan nyeri otot, hingga mencegah penyakit degeneratif loh.

penggunaan jahe bisa dicampur dengan makanan atau minuman, ataupun dibuat menjadi jamu.


2. Daun Sereh

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau masakan untuk mengharumkan makanan.



Sereh paling cocok direbus dengan air, dan diminum langsung. 

Sereh memiliki kandungan banyak anti oksidan yang dapat mencegah kanker. Selain itu rutin mengonsumsi teh serai dapat menurunkan resiko hipertensi dan detoksifikasi racun dalam tubuh. 

3. Kunyit 

Kunyit adalah tanaman berdaun rimpang yang sudah digunakan oleh orang Asia selama berabad-abad.


Bagian dari tanaman kunyit yang sering dimanfaatkan sebagai obat atau jamu adalah rimpang, karena memiliki segudang manfaat. Kandungan curcumin dalam kunyit berfungsi sebagai oksidasi dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, dan menekan respon peradangan, serta membantu meningkatkan lapisan saluran darah.


4. Lidah buaya


Lidah buaya (Aloe vera) adalah tumbuhan berduri dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe yang berasal dari Jazirah Arab.
Lidah buaya banyak digunakan dengan produk seperti olesan untuk kulit, kosmetika, minuman, atau obat luar untuk luka bakar.

Manfaat dari lidah buaya ini sendiri yang paling sering kita dengar adalah untuk menyembuhkan luka, namun selain itu lifsh buaya juga dapat menstabilkan gula, menjaga kesehatan rongga mulut, dan meredakan sariawan.

5.Kencur


Kencur atau cekur adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat; tanaman ini merupakan salah satu jenis empon-empon. (Wikipedia) 
Tanaman ini memiliki bau yang khas dan rasa yang unik, berbeda dari tanaman sejenis lainnya.

Kencur mengandung banyak vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meredakan pegal linu, masuk angin, batuk, hingga mencegah kanker. 
Kencur biasanya kita minum dalam jamu tradisional.


6. Daun Sirih


Sirih adalah tanaman efipit asli Indonesia yang tumbuh merambat atau menumpang pada tanaman lain. Daun Sirih sering digunakan tanaman obat yang sebagai berperan dalam kehidupan masyarakat dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.



Kandungan sirih dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik, meningkatkan kesehatan mulut, mengatasi diabetes, hingga sebagai anti kanker.


Nah sobat, itulah beberapa tanaman herbal dan segudang manfaatnya yang dapat kita gunakan sebagai obat dan bahan masakan. Sehingga hidup kita lebih sehat. 

 Untuk lebih lengkap silahkan cek panduan herbal dibawah ini ya.

Free panduan herbal plants (bahasa inggris)
klik 👇👇

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Author





welcome to my green blog, let's save the earth with plants

pageviews